Selasa, 22 Mei 2012

Panduan Menyusun Modul


Panduan Menyusun Modul
Setelah mengikuti kegiatan ini pendidik dapat menyelesaikan satu unit modul yang dikembangkan dari silabus dan RPP.  Modul yang dikembangkan untuk mewujudkan standar kompetensi yang sekolah tetapkan.
Deskripsi SKL             
Fleksibelitas modul sebagai materi pelajaran sangat tinggi. Setiap modul dapat dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kompetensi lulusan. Pengembangan modul dapat diselaraskan dengan kebutuhan seperti pada pengembangan mutu untuk meraih prestasi berikut:
  • Lulus seleksi perguruan Tinggi
  • Meraih kejuaraan bidang akademik tingkat kab/kota
  • Menampilkan  karya inovatif
  • Lulus UN dengan nilai minimal
  • Meraih KKM tiap semester
  • Menggunakan TIK
  • Menggunakan bahasa Inggris
  • Menyetarakan mutu lulusan dengan sekolah unggul
Untuk menyeleraskan materi dengan keunggulan mutu lulusan seperti digambarkan di atas, maka sekolah dapat menyelaraskan tingkat keluasan, kedalaman, dan kesulitan materi dengan keperluan pengembangan mutu lulusan seperti itu.
Model Silabus 
Silabus  pada tiap mata pelajaran merupakan landasan ideal untuk pengembangan modul.  Pada bagian ini penulis sajikan model silabus mata pelajaran bahasa Indonesia sebagai model.
A.  Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik  untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global. 

Dengan  standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan peserta didik dapat:
·         mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya,
·         menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri;
Untuk menunjang itu guru dapat;
·         memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
·         guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
Dalam mendukung efektivitas guru dan siswa sekolah dapat
·         menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
·         menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.

B.  Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.     Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.     Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.     Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.     Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.     Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.     Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

C.  Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.                             Mendengarkan
2.                             Berbicara
3.                             Membaca
4.                             Menulis.

Pada akhir pendidikan di SMA/MA, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan nonsastra.

     D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas  X,  Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.     Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

1.1     Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita) 
1.2     Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik)  suatu cerita yang disam­­paikan secara  langsung/melalui rekam­an   
Berbicara
2.     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita


2.1   Memperkenalkan diri dan orang lain di da­lam forum resmi dengan intonasi yang tepat
2.2   Mendiskusikan  masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) 
2.3   Menceritakan  berbagai pengalaman  dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
Membaca
3.     Memahami berbagai teks bacaan  nonsastra dengan berbagai teknik membaca

3.1     Menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra dengan teknik membaca cepat  (250 kata/menit)
3.2     Mengidentifikasi ide teks  nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif  
Menulis
4.     Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)

4.1     Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu  dan tempat dalam bentuk paragraf naratif 
4.2     Menulis hasil observasi dalam bentuk  paragraf deskriptif  
4.3     Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf  ekspositif 

KERANGKA ISI MODUL
No.
Urian
Komponen
1
Materi Pokok, Judul, penulis, lembaga
Halaman Judul
2
Model Isi Halaman Francis
Unsur yang terkait dengan komunikasi:                         
·         Nara sumber
·         Pendengar
·         Pesan
·         Penerima pesan
·         Umpan balik



Halaman Francis
3
Mata pelajaran ini diberikan di kelas berapa
Setelah menyelesaikan mata pelajaran ini diharapkan anda dapat:
·         Memahami arti berbicara
·         Bicara dengan baik
·         Berbicara dalam diskusi
·         Berbicara sebagai pemimpin kelompok
·         Bicara dalam kegiatan ilmiah
·         Berbicara sebagi pembawa acara
Materi modul ini disajikan dalam 8 KD dengan urutan sebagai berikut:….
Agar seluruh materi dapat Anda kuasai maka kerjakan seluruh materi latihan, soal-soal evaluasi. Untuk memperdalam dan memperluas penguasaan materi sehingga Anda siap untuk menghadapi ujian bahkan berkompetisi, jangan lupa mengadakan pertemuan dengan kelompok kecil. Alangkah baiknya pula Anda gunakan internet seperti pacebook, e mail, SMS untuk berdiskusi dengan teman-teman. Selamat belajar.

Kata Pengantar
4
Buat dalam diagram
Contoh:


 










5
Buat daftar isi seperti kelengkapan sebuah buku.


Daftar Isi
6
Contoh:
Berbicara sebagai kegiatan komunikasi:
·         Manusia pada hakekatnya mahluk sosial yang memerlukan komunikasi.
·         Berbicara sebagai kegiatan komunikasi
·         Modul ini akan menguraikan materi secara khusus sesuai dengan kurikulum yang Anda pelajari dan Anda kuasai.
·         Ruang lingkup materi yang harus Anda kuasai sebagai berikut:
·         Tujuan mempelajari modul ini adalah  untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Deskripsi
7
Daftar Istilah:
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya.
Penerima (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
Saluran (channel) adalah media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
 Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.

Glosarium


Bab pendahuluan diurai secara ringkas dalam lembar tersendiri dengan menyajikan materi berikut;
Deskripsi : Anda pasti dalam kehidupan sehari-hari selalu mendengar istilah komunikasi. …..
Coba perhatikan bagaimana proses komunikasi itu berjalan….
Prasarat : Untuk dapat mempelajari modul ini diperlukan beberapa persyaratan di antaranya Anda harus menyediakan waktu untuk membaca seluruh isi modul ini. Dst.
Petunjuk penggunaan : Bacalah tujuan mempelajari membaca modul ini, bacalah materi perhatikan contoh-contoh, kerjakan latihan sendiri, jika ada kesulitan maka kerjakan bersama-sama dengan teman-teman.dst.
Petunjuk penggunaan untuk guru; Bagikan modul kepada seluruh siswa, pastikan seluruh siswa mendapatkannya, pastikan seluruh siswa menggunakannya…..dst.

Tujuan pembelajaran:
1.     Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.     Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.     Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.     Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial

Kompetensi yang diharapkan;
·         Memperkenalkan diri dan orang lain di da­lam forum resmi dengan intonasi yang tepat
·         Mendiskusikan  masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) 
·         Menceritakan  berbagai pengalaman  dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepatBerbicara sebagi pembawa acara

Uji Kemampuan
Setiap kali Anda selesai mempelajari satu materi, pastikan bahwa Anda benar-benar memahami dengan mengerjakan latihan dan tes dengan benar.


Pendahuluan
Mencakup:
A.    Deskripsi
B.    Prasarat
C.    Petunjuk Penggunaan Modul
·      Petunjuk Penggunaan oleh Peserta Didik
·      Petunjuk Penggunaan Oleh Guru
D.    Tujuan Pembelajaran
E.     Cek Kemampuan


PEMBELAJARAN
Untuk menguraikan materi lebih lanjut,  kerangka pedoman dapat para pendidik gunakan sebagai berikut:
Uraikan materi pelajaran dengan ringkas dan lengkap tentang:
  • Pengertian atau definisi  dalam hal ini tentang berbicara
  • Proses komunikasi dalam bicara
  • Unsur-unsur sistem dalam komunikasi, jelaskan dengan singkat:
    • Komunikator
    • Pesan
    • Penerima pesan
    • Media
    • Umpan balik atau efek
    • Konteks berbicara (formal dan nonformal)
    • Ringkasan/Rangkuman
  • Latihan-latihan
  • Petunjuk jawaban latihan
  • Tugas (Hasil karya kreatif dalam menerapkan teori tentang berbicara)
  • Format  Acuan Penilaian (Disesuaikan dengan kriteria target mutu bajar yang hendak dicapai)
  • Evaluasi (Menggunakna alat evaluasi pada RPP)
  • Kunci Jawaban
Dalam pengembangan  secara keseluruhan guru perlu mempertimbangkan tentang kemungkinan kesulitan belajar siswa sehingga modul yang disajikan pada prinsipnya diarahkan untuk membantu siswa memecahkan masalah yang dihadapinya dalam belajar.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews