Panduan
Menyusun Modul
Setelah mengikuti kegiatan ini pendidik dapat
menyelesaikan satu unit modul yang dikembangkan dari silabus dan RPP. Modul yang dikembangkan untuk mewujudkan
standar kompetensi yang sekolah tetapkan.
Deskripsi SKL
Fleksibelitas modul sebagai materi pelajaran sangat tinggi. Setiap modul
dapat dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kompetensi lulusan.
Pengembangan modul dapat diselaraskan dengan kebutuhan seperti pada
pengembangan mutu untuk meraih prestasi berikut:
- Lulus seleksi perguruan Tinggi
- Meraih kejuaraan bidang akademik tingkat kab/kota
- Menampilkan karya inovatif
- Lulus UN dengan nilai minimal
- Meraih KKM tiap semester
- Menggunakan TIK
- Menggunakan bahasa Inggris
- Menyetarakan mutu lulusan dengan sekolah unggul
Untuk menyeleraskan materi dengan keunggulan mutu
lulusan seperti digambarkan di atas, maka sekolah dapat menyelaraskan tingkat
keluasan, kedalaman, dan kesulitan materi dengan keperluan pengembangan mutu
lulusan seperti itu.
Model Silabus
Silabus pada
tiap mata pelajaran merupakan landasan ideal untuk pengembangan modul. Pada bagian ini penulis sajikan model silabus
mata pelajaran bahasa Indonesia sebagai model.
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral
dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan
merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi.
Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya,
budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan,
berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan
serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan
peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar,
baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil
karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi
kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan,
keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia.
Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal,
regional, nasional, dan global.
Dengan standar kompetensi mata
pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan
peserta didik dapat:
·
mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan
minatnya,
·
menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil
intelektual bangsa sendiri;
Untuk
menunjang itu guru dapat;
·
memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik
dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
·
guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan
kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta
didiknya;
Dalam
mendukung efektivitas guru dan siswa sekolah
dapat
·
menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai
dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
·
menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai
dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan
nasional.
B.
Tujuan
Mata pelajaran Bahasa
Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi secara efektif
dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.
Menghargai dan bangga
menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.
Memahami bahasa Indonesia dan
menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.
Menggunakan bahasa Indonesia
untuk meningkatkan kemampuan
intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.
Menikmati dan memanfaatkan
karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta
meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.
Menghargai dan membanggakan
sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
C.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup
komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis.
Pada akhir pendidikan di SMA/MA, peserta didik telah
membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan nonsastra.
D. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Mendengarkan
1. Memahami siaran atau
cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
|
1.1 Menanggapi
siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/melalui rekaman
|
|
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
|
2.1 Memperkenalkan diri
dan orang lain di dalam forum resmi dengan
intonasi yang tepat
2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai
berita, artikel, atau buku)
2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan
ekspresi yang tepat
|
|
Membaca
3. Memahami
berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca
|
3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit)
3.2 Mengidentifikasi ide teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif
|
|
4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola
urutan waktu dan tempat dalam bentuk
paragraf naratif
4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif
4.3 Menulis gagasan secara logis dan
sistematis dalam bentuk ragam paragraf
ekspositif
|
KERANGKA ISI MODUL
|
No.
|
Urian
|
Komponen
|
|||
|
1
|
Materi Pokok, Judul, penulis, lembaga
|
Halaman
Judul
|
|||
|
2
|
Model Isi Halaman
Francis
![]()
Unsur yang terkait
dengan komunikasi:
·
Nara sumber
·
Pendengar
·
Pesan
·
Penerima pesan
·
Umpan balik
|
Halaman
Francis
|
|||
|
3
|
Mata pelajaran ini diberikan di kelas berapa
Setelah menyelesaikan mata pelajaran ini
diharapkan anda dapat:
·
Memahami
arti berbicara
·
Bicara
dengan baik
·
Berbicara
dalam diskusi
·
Berbicara
sebagai pemimpin kelompok
·
Bicara
dalam kegiatan ilmiah
·
Berbicara
sebagi pembawa acara
Materi modul ini disajikan dalam 8 KD dengan
urutan sebagai berikut:….
Agar seluruh materi dapat Anda kuasai maka kerjakan
seluruh materi latihan, soal-soal evaluasi. Untuk memperdalam dan memperluas
penguasaan materi sehingga Anda siap untuk menghadapi ujian bahkan
berkompetisi, jangan lupa mengadakan pertemuan dengan kelompok kecil.
Alangkah baiknya pula Anda gunakan internet seperti pacebook, e mail, SMS
untuk berdiskusi dengan teman-teman. Selamat belajar.
|
Kata
Pengantar
|
|||
|
4
|
Buat dalam diagram
Contoh:
|
|
|||
5
|
Buat daftar isi seperti
kelengkapan sebuah buku.
|
Daftar Isi
|
|||
|
6
|
Contoh:
Berbicara sebagai kegiatan komunikasi:
·
Manusia pada hakekatnya mahluk sosial yang
memerlukan komunikasi.
·
Berbicara sebagai kegiatan komunikasi
·
Modul ini akan menguraikan materi secara
khusus sesuai dengan kurikulum yang Anda pelajari dan Anda kuasai.
·
Ruang lingkup materi yang harus Anda
kuasai sebagai berikut:
·
Tujuan mempelajari modul ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan
maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan
manusia Indonesia.
|
Deskripsi
|
|||
|
7
|
Daftar Istilah:
Komunikasi
adalah suatu proses
penyampaian informasi
(pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling
mempengaruhi di antara keduanya.
Penerima (receiver) adalah pihak
yang menerima pesan dari pihak lain
Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang
mengirimkan pesan kepada pihak lain.
Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan
disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
Saluran (channel) adalah media
dimana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi
(tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
Umpan balik (feedback) adalah
tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
|
Glosarium
|
|||
|
|
Bab pendahuluan diurai secara ringkas dalam
lembar tersendiri dengan menyajikan materi berikut;
Deskripsi : Anda pasti dalam kehidupan sehari-hari selalu mendengar istilah
komunikasi. …..
Coba perhatikan bagaimana proses komunikasi itu
berjalan….
Prasarat : Untuk dapat mempelajari modul ini diperlukan beberapa persyaratan di
antaranya Anda harus menyediakan waktu untuk membaca seluruh isi modul ini. Dst.
Petunjuk penggunaan : Bacalah tujuan mempelajari membaca modul ini,
bacalah materi perhatikan contoh-contoh, kerjakan latihan sendiri, jika ada
kesulitan maka kerjakan bersama-sama dengan teman-teman.dst.
Petunjuk penggunaan untuk guru; Bagikan modul kepada seluruh siswa, pastikan
seluruh siswa mendapatkannya, pastikan seluruh siswa menggunakannya…..dst.
Tujuan pembelajaran:
1.
Berkomunikasi secara efektif
dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.
Menghargai dan bangga
menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.
Memahami bahasa Indonesia
dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.
Menggunakan bahasa Indonesia
untuk meningkatkan kemampuan
intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
Kompetensi yang diharapkan;
·
Memperkenalkan diri dan orang
lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang
tepat
·
Mendiskusikan
masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku)
·
Menceritakan
berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepatBerbicara sebagi
pembawa acara
Uji Kemampuan
Setiap kali Anda selesai mempelajari satu materi,
pastikan bahwa Anda benar-benar memahami dengan mengerjakan latihan dan tes
dengan benar.
|
Pendahuluan
Mencakup:
A.
Deskripsi
B.
Prasarat
C.
Petunjuk
Penggunaan Modul
· Petunjuk Penggunaan
oleh
Peserta Didik
· Petunjuk Penggunaan
Oleh
Guru
D.
Tujuan
Pembelajaran
E.
Cek Kemampuan
|
PEMBELAJARAN
Untuk menguraikan materi lebih lanjut, kerangka pedoman dapat para pendidik gunakan
sebagai berikut:
Uraikan materi pelajaran dengan ringkas dan lengkap tentang:
- Pengertian atau definisi dalam hal ini tentang berbicara
- Proses komunikasi dalam bicara
- Unsur-unsur sistem dalam komunikasi, jelaskan dengan singkat:
- Komunikator
- Pesan
- Penerima pesan
- Media
- Umpan balik atau efek
- Konteks berbicara (formal dan nonformal)
- Ringkasan/Rangkuman
- Latihan-latihan
- Petunjuk jawaban latihan
- Tugas (Hasil karya kreatif dalam menerapkan teori tentang berbicara)
- Format Acuan Penilaian (Disesuaikan dengan kriteria target mutu bajar yang hendak dicapai)
- Evaluasi (Menggunakna alat evaluasi pada RPP)
- Kunci Jawaban
Dalam pengembangan
secara keseluruhan guru perlu mempertimbangkan tentang kemungkinan
kesulitan belajar siswa sehingga modul yang disajikan pada prinsipnya diarahkan
untuk membantu siswa memecahkan masalah yang dihadapinya dalam belajar.

06.00
Ajeng






0 komentar:
Posting Komentar